Selasa, 10 Maret 2009

cara memperbaiki processor

Sekitar 2 bulan lalu P-IV 1.8 gw salah satu kaki/pinnya patah.
Gw udah coba bawa ke tukang service HP terus disolder pake solder uap,
tadinya bisa nyala, pas besoknya, mate lagi, kakinya lepas lagi.
Nah kemaren gw iseng2 nyoba solder sendiri. Ech ternyata bisa jalan, no problem walau dicabut, dipasang, dicabut, dipasang lagi and dioverclock.
Caranya :
Alat yang dibutuhin : Solder murahan (7500 perak), Timah solder yang agak keras, Tangan yang gak gemeteran (hehehehe),dudukan/tatakan (terserah pake apa yang penting buat nahan processor)
1. Panasin solder sampe sepanas-panasnya
2. Taruh processor di tatakan/dudukan biar gak bergerak. gw pake gabus/busa (gw gak tau namanya) yang buat pelindung casing/alat elektronik.
3. Kaki processor yang patah buang aja :D :D :D
4. Ambil timah, lelehkan secukupnya sampe nempel di SOLDER.
5. Taruh timah yang nempel di solder ke bagian yang kakinya patah sambil ditiup dan "SOLDERNYA DITARIK KEATAS PERLAHAN2". Mestinya kalo dilakukan dengan benar, solder yang nempel di timah akan menjadi seperti kaki processor. Usahakan pada waktu narik solder, lakukan tegak lurus biar "KAKI BUATAN" ini juga lurus.
Penting untuk melelehkan timah "SECUKUPNYA" di "UJUNG SOLDER" biar KAKI BUATAN gak terlalu besar.
Kayaknya yang pinter2 solder lebih berpengalaman dalam hal ini.
Kritik/Saran silahkan post disini.

1 komentar:

  1. mas/mba'.., klo' pin prosesor di motherboard yang peyot/gak rata.., karna terkena pasta pendingin prosesor.., lalu saya bersihkan dengan kuas.., ehh.., nggeser pinnya..?? solusinya mas..?? mohon bantuanya.., mas.., klo' ada solusinya kirim ke email saya.., ya.., ke: >>abuli354@gmail.com<<

    BalasHapus